2

29 RESEP TEH NIKMAT

Posted by Febrilina Pramudiyanti on 20.13 in

Penyusun    : Roselina Danamurti
Penerbit      : Great Publisher
Cetakan      : Pertama 2009
Tebal          : 40 halaman

               Hmmmm, nikmat. Teh merupakan minuman yang lezat, tentunya bagi mereka yang suka, selain itu teh juga mempunyai banyak manfaat. Dalam buku ini disebutkan “Teh Akar Alang-Alang” menyimpan banyak khasiat bagi kesehatan tubuh, untuk panas dalam , sariawan dan asam urat. Teh ini juga bermanfaat untuk pelembut kulit, peluruh air seni, pembersih darah, penambah nafsu makan dan penghenti pendarahan.
            “Orange Tea” ternyata juga menyimpan banyak khasiat. Salah satunya adalah untuk mengatasi kulit kering dan menjaga kulit agar tetap lembab. Di jepang, konsumsi minuman ini sudah menjadi tradisi. Tidak ada salahnya untuk kita mencobanya karena “Orange Tea” terbukti efektif mencegah terjadinya kulit asam dan gelapnya warna kulit yang menjadi masalah bagi banyak wanita di Negara tropis seperti Indonesia.

            Dalam pembuatan “Orange Tea” cukup mudah.  Bahan-bahan yang dibutuhkan (untuk 2 gelas) : 2 kantong teh merah/hitam, 500 ml air panas, 200 ml air jeruk manis segar, 2 sdm madu atau sirup gula, 1 buah jeruk manis (iris tipis). Cara membuat : Seduh teh dengan air panas hingga larut, angkat kantung teh. Tuangkan air jeruk manis, aduk rata. Taruh madu atau sirup gua dalam cangkir/gelas saji. Tuangkan larutan teh dan jeruk, beri irisan jeruk manis. Bisa disajikan saat hangat atau dingin.
            Ada beberapa versi sejarah teh. Namun, saat ini negeri China masih dipercaya sebagai tempat kelahiran tanaman teh. Asal-usul teh berawal dari cerita tentang Kaisar Shen Nung yang hidup sekitar tahun 2737 SM. Kaisar Shen Nung sebagai Bapak Tanaman Obat-Obatan Tradisional China saat itu.
            Pada suatu hari ketika Kaisar sedang bekerja di salah satu sudut kebunnya, terlebih dahulu ia merebus air dalam kuali di bawah rindangan pohon. Lalu tiba-tiba angin bertiup kencang dan menggugurkan beberapa helai daun pohon tersebut dan jatuh ke dalam rebusan air lalu terseduh. Ketika air rebusan diminmnya, ia merasa bahwa air tersebut lebih sedap daripada air putih biasa dan menjadikan badan lebih segar. Daun yang terseduh itulah yang dinamakan daun teh. Lalu sejak itu teh mulai disebarluaskan.
            Dalam buku ini pembaca dapat menemukan manfaat dan resep-resep meracik teh. Misalnya resep  “Orange Tea”, “Teh Alang-Alang”, dll. Bahan-bahan dibutuhkan cukup mudah didapat, namun ada beberapa yang lumayan sulit didapat. Selain itu ada tentang sejarah teh versi China, Jepang juga penyebarannya, meskipun begitu hanya sedikit yabng diulas. Bila pembaca berkeinginan mengetahui lebih akan manfaat ataupun sejarah teh, dapat mencarinya di internet dan buku-buku yang sesuai. 
            Buku ini sangat cocok untuk ibu-ibu rumah tangga atau anak-anak muda. Resep-resep yang ada dalam buku ini dapat dicoba sendiri, saat waktu luang ataupun saat bersantai dengan keluarga.      


|

2 Comments


hmm rsep orange tea nya nikmat banget yah, biasanya gue minum teh praktis ini http://goo.gl/UNCRi8

Posting Komentar

terima kasih....

Copyright © 2009 Febrilina All rights reserved. Theme by Laptop Geek. | Bloggerized by FalconHive.