1

PASSPORT

Posted by Febrilina Pramudiyanti on 10.21 in

Sebenarnya keinginaanku dari dulu jalan-jalan ke luar negeri, Inggris tujuan utamaku. Kagum dengan sungai Themesnya, Jam Bigbeng, London Eye dll. Dari situlah aku berkeinginan untuk membuat paspor. Sekarang aku kuliah di Universitas Malang. Muncul di benak kami (aku dan sahabatku) untuk kuliah di luar negeri, tentunya dengan beasiswa. Nah, syaratnya harus membuat paspor. Dengan waktu yang begitu mepet, paspor-pun jadi.
Sedikit berbagi pengalaman tentang pembuatan passport, khususnya daerah Malang dan sekitarnya.
Alamat Kantor Imigrasi Malang
Jl. R. Panji Suroso No. 04 Malang 65126, Jawa Timur
Telp. (0341) 491039,482233, Fax. (0341) 482233
Hari pertama permohonan paspor……
Aku dulu naik LYN dari arah UM naik AL jurusan Arjosari, turun di gang (kalo gak salah) namanya gang Jayapura, deketnya PLN, trus di belakangnya ada STIKES KENDEDES. Gang itu masuk, lurusssss melewati sawah-sawah sampe gerbang depan jalan raya. Abis itu belok kiri jalan sedikit ada papan tulisan “KANTOR IMIGRASI”, nah di situ kantornya. Atau cara lain, tanya saja sama pak sopir LYN, pasti ditunjukkan arah yang benar. Semangat !!!!!


Usahakan untuk datang pagi, dibuka jam 08.00-10.00 untuk permohonan paspor. Dijamin, jika anda tidak datang pagi akan lama sekali anda menunggu giliran. Hal-hal yang perlu disiapkan dari rumah :
  1. KTP asli dan fotokopi
  2. Kartu keluarga asli dan fotokopi
  3. Akte Kelahiran dan fotokopi (persyaratan yang ini kalo gak salah bisa diganti surat nikah atau ijazah terakhir)
  4. bagi PNS atau karyawan wajib menyertakan surat ijin/keterangan dari atasan.
  5. SK dari Universitas bagi yang masih kuliah (tapi dapat diganti dengan KTM)
Di potokopian sana membeli formulir beserta map seharga Rp 8000,-. Habis itu ambil nomor antrian di dalam, tunggu sampai nomormu dipanggil. Dipanggil  di loket 3, serahkan dokumen yang dibutuhakn beserta aslinya (yang asli pasti dikembalikan kok). Setelah itu semua selesai, kembali 2 hari lagi untuk foto  dan pembayaran.
Hari ke-2 pembayaran dan foto paspor……..
            Kembali dengan rute yang sama. Kesalahan besar, karena berbagai alasan saat itu aku datang siang (sekitar jam setengah 10 an). Langsung dapat antrian no.166 dari 200 an antrian, gila banget. Mbk-mbk dan mas-mas TKI lah yang paling banyak antri dengan baju mereka yang seragam. Sungguh tak ku sangka, aku bertemu temanku SMP dulu, sepertinya dia akan jadi TKI juga bersama ibunya. Agak membosankan juga. In the end, tiba giliranku untuk pembayaran sebesar 255.000,-.
Hari itu hari jumat yang waktu istirahatnya sampai jam 13.00, sampai tidur2 aku nunggu antrian. Setelah melewati berbagai macam orang sampai jam 17.00 an akhirnya sampai juga pada nomorku. Masuk ruang foto lalu difoto kemudian dilanjut sidik jari, terus antri lagi buat wawancara, lllaaammaaaa !!!!
Sampai tahap wawancara, tenang wawancaranya cuma ditanyain kenapa buat paspor??? Sama benerin nama dsb doang. Tidak lupa aku minta doanya sama si bapak wawancara dan orang-orang di sekitar agar tembus nie beasiswa. Aamiin. Selesai !!!! nunggu 4 hari lagi untuk pengambilan paspor. Pengambilan paspor tidak boleh lebih dari sebulan.
Hari ke-3 pengambilan paspor……..
             Jadwal pengambilan paspor dari jam 12.00 – 15.00. kali ini gak mau telat lagi aku. Finally, dapat antrian nomor 35, hmm…. Lumayan gak lama-lama amat dibandingin sama hari sebelumnya, masih sempet beli es degan di deket sana. Sekitar jam 14.00 paspor sudah di tangan. ^_^ seneng banget. Hahaha.
            Pulang-pulang Tuhan memberikan berkahnya lewat hujan, ya udah nunggu hujan reda. Eh, terlihat bapak-bapak penjual gethuk telo, sumpah tu gethuk enak banget kayaknya. Tapi aku harus tahan demi uang kehidupanku yang semakin menipis (tahan-tahan sampai di kampung). Nungguin hujan yang gak reda-reda, aku meluncur aja pulang.
            Rute pulang ke kos beda lagi ini. Setelah keluar dari gerbang kantor imigrasi, belok kanan terrussss sampai pertigaan lampu merah yang di seberang jalan banyak LYN berhenti. Hati-hati nyebrangnya, karena kurang kehati-hatianku, hampir saja aku ketabrak, tapi untungnya gak apa-apa. Tunggu LYN AL, lumayan lama juga. Tapi datang juga dan kembali ke kosan dengan selamat.

Rincian biaya :
Naik LYN 6X                         =    15.000
Formulir                                 =      8.000
Pembayaran paspor            =  255.000
Total                                       =  278.000

Untuk potokopi dokumen atau hal lainya, hitung sendiri ya. Hehehehe…….
            Semoga tulisanku ini bermanfaat !!!! ^_^
            See you when I see you again (ocean’s 13)

|

1 Comments


Aku inget saat saat itu. hueee :(( bener deh, harus di tulis. tapi punyamu detail banget semuanya.haha.aku udah ga inget sebanyak itu

Posting Komentar

terima kasih....

Copyright © 2009 Febrilina All rights reserved. Theme by Laptop Geek. | Bloggerized by FalconHive.