1
iPAD BERHOLOGRAM DILENGKAPI SOFTWARE BELAJAR MEMBACA ANAK DAN RUMUS IPA
Posted by Febrilina Pramudiyanti
on
18.14
in
informasi
Salah satu
tujuan Indonesia, seperti terlampir dalam Pembukaan UUD 1945 adalah
mencerdaskan kehidupan bangsa. Cerdas
lebih mengarah kepada mengetahui serta mampu memilah mana yang baik dan benar
dan mana yang buruk, dengan mengaplikasikan berupa pemikiran-pemikiran serta tindakan-tindakan
yang baik dan menghindari pemikiran serta perbuatan-perbuatan buruk. Dengan
demikian cerdas itu tidak mutlak hanya bisa diukur dengan angka-angka
pengetahuan akademik seperti hasil Ujian Nasional yang dijadikan patokan ukuran
keberhasilan bidang pendidikan oleh Dinas Pendidikan.
Di zaman
yang modern ini teknologi mempunyai hubungan yang sangat erat dengan
pendidikan. Teknologi bisa digunakan oleh semua golongan di dunia pendidikan
jika kita mau mempelajari dan mencoba semua jenis teknologi. Perkembangan
teknologi dari tahun ke tahun semakin pesat dan meluas ke berbagai bidang,
salah satunya adalah bidang pendidikan. Mulai dari tingkat TK sampai perguruan
tinggi, saat ini sudah merasakan kemajuan teknologi. Proses belajar yang dulu
hanya dengan cara mendengarkan dan memperhatikan guru menerangkan di papan
tulis kini sudah berubah. Karena proses belajar yang hanya melalui perantara
guru tersebut dirasa monoton dan membosankan, para ahli pun mencari sisasat
bagaimana membuat suasana belajar lebih menyenangkan dengan memanfaatkan
kemajuan teknologi.
Karya tulis ini bertujuan untuk
meningkatkan hasil belajar siswa. Media pembelajaran juga sangat berpengaruh
terhadap hasil belajar siswa. Dengan adanya teknologi IPad berhologram dapat membuat suasana
kelas menjadi lebih menyenangkan. Software ini berguna untuk anak-anak yang
masih belajar membaca, selain itu juga terdapat rumus-rumus IPA, matematika,
fisika, dan kimia. Media ini juga dapat digunakan untuk anak SD, SMA maupun
SMA.
Metode
penulisan yang digunakan ini adalah
kajian pustaka dengan pendekatan penulisan deskriptif kuantitatif. Pertama,
mengumpulkan bahan pustaka yang relevan dengan topik yang ditulis baik dari
media cetak, makalah maupun internet. Kedua, bahan – bahan yang dikumpulkan
kemudian ditelaah dan dianalisis kemudian disaring kembali menjadi sebuah karya
tulis. Ketiga, dari bahan – bahan tersebut dapat diambil kesimpulan. Semua data yang ada ditulis secara
sistematis menurut buku pedoman penulisan, kemudian dilakukan revisi karya
tulis.
Berdasarkan
hasil analisis bahwa rendahnya hasil belajar siswa disebabkan oleh guru yang
tidak pernah menggunakan teknologi dalam kegiatan belajar mengajar. Dengan
adanya teknologi ini diharapkan para siswa lebih termotivasi dalam belajar dan
tidak gagap teknologi.