1

KOREA MELALUI CERITA RAKYAT

Posted by Febrilina Pramudiyanti on 20.45 in

             Korea, bukanlah Negara yang asing di telinga saya. Melalui dramanya yang sarat akan nilai moral, berhasil mencuri perhatian para remaja Indonesia. Ditambah dengan artis-artis Korea yang berakting apik. Hal inilah yang memicu keinginan sebagian warga Indonesia untuk belajar bahasa dan kebudayaan Korea. kedutaan Korea menanggapi keinginan warga Indonesia tersebut. Mereka menyediakan beasiswa bagi warga Indonesia yang ingin belajar di Korea.
            Baru-baru ini, saya mencari referensi tentang budaya Korea. Di situ disebutkan, bahwa mempelajari kebudayaan suatu bangsa tidak akan lengkap jika keberadaan kasusaatraan bangsa bersangkutan diabaikan. Cerita  rakyat merupakan karya sastra penuh akan nilai budaya dan sosial. Selain itu, pesan moral yang disampaikan sangat mengena pada pembacanya.

            Cerita rakyat Korea “Nyanyian Katak Hijau” mengisahkan seekor anak katak jantan yang selalu bertolak belakang dalam menjalankan perintah ibunya. Jika ibunya menyuruh ke barat maka yang dilakukannya pergi ke timur. Sampai suatu saat ketika ibu katak sakit, ia berpesan pada anak katak untuk menguburkannya di pinggir sungai, jangan di atas bukit. Pesan itu berlawanan dengan maksud yang ingin yang disampaikan ibu katak. Berharap anak katak akan melakukan yang sebaliknya, yaitu menguburkannya di atas bukit. Tetapi setelah ibunya meninggal, anak katak menyesali perbuatannya selama ini. Dia berjanji akan menuruti perintah ibunya untuk yang terakhir kalinya. Akhirnya, dia menguburkan jasad ibunya di pinggir sungai. Tetapi setiap hujan datang dan air sungai meluap, kuburan ibunya lenyap.
            Cerita ini beramanat, agar kita harus menuruti perintah orang tua, selama itu dalam hal kebaikan. Dilihat dari nilai budayanya, pada hari perayaan “Chu Seok” (Hari Perayaan Para Leluhur) masyarakat Korea akan berkumpul dengan keluarga. Mereka juga akan bersama-sama membersihkan kuburan dan memberikan penghormatan pada leluhur. Chu Seok dapat dianggap setara dengan Amerika Thanksgiving.
            Setelah bertahun tahun perang, Korea pada akhirnya mampu fokus pada kekayaan budaya dan membangun kembali tanah pertanian yang kuat. Beras merupakan hasil pertanian yang memainkan peran penting dalam budaya Korea sebagai rujukan dari cerita rakyat. Pertanian juga merupakan bagian besar dari budaya Korea dan mempengaruhi adat istiadat. Orang Korea telah menyimpan ritual meraka dari pertanian sejak awal kekaisaran dengan menabur benih di musim semi, merawat tanaman pada musim panas, panen tanaman pada musim gugur dan melestarikan sereal dalam bulan-bulan musim dingin.
            Perjalanan panjang sejarah Korea dirayakan mesyarakat dengan menikmati hidup dan merayakan budaya. Sampai hari ini, orang Korea merasa perlu untuk bersantai dan merefleksikan hidup. Melalui cerita rakyat, mengingatkan masyarakat Korea akan nilai-nilai refleksi dan budaya yang dapat diterapkan pada situasi kehidupan. Dalam banyak cerita rakyat Korea, membuktikan bahwa tidak ada “kecelakaan” dalam kehidupan, seperti panen buruk atau kematian perang. Dilihat cerita-cerita sedih perang yang dibayangi perayaan luas budaya dan sejarah, saat ini Korea masih ingat pelajaran dari cerita rakyat.
            Dengan melihat cerita-cerita rakyat Korea, Indonesia-Korea dapat mempererat kerjasama terutama dalam bidang kebudayaan. Indonesia-Korea juga memanfaatkan jalur budaya untuk mempererat kerjasama ekonomi kedua Negara. Indonesia menjadi Negara keenam pengimpor barang non-migas dari Korea. Indonesia lebih banyak medapat suplai barang elektronik, rumah tangga dan otomotif dari Korea. Indonesia lebih banyak mengekspor dari sector non-migas kepada Korea, seperti hasil hutan, pertanian dan perikanan. Korea menjadi Negara tujuan ekspor terbesar ketujuh bagi Indonesia.
            Melalui kerjasama pendidikan, seperti pertukaran pelajar, dapat saling mengetahui antar kebudayaan. Akan lebih baik bila melalui informasi-informasi terkini atau informasi wisata, disertai pengenalan terhadap bahasa dan budaya Indonesia-Korea. Sumbernya bisa berasal dari buku-buku berbahasa Korea yang diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia dan sebaliknya.


Berbagai Sumber


|

1 Comments

Posting Komentar

terima kasih....

Copyright © 2009 Febrilina All rights reserved. Theme by Laptop Geek. | Bloggerized by FalconHive.