0
MEDIA PEMBELAJARAN
Posted by Febrilina Pramudiyanti
on
23.14
in
informasi
Pada dasarnya media pembelajaran dapat dari mana saja. Entah itu dari buku,
jurnal, guru ataupun teman sendiri. Ramiszouwski mengungkapkan
"media" as the carriers on messages, from some transmitting
source which may be a human being or inanimate object), to the
receiver of the message (which in our case is the learner). Media
pembelajaran adalah suatu cara, alat, atau proses yang digunakan untuk
menyampaikan pesan dari sumber pesan kepada penerima pesan yang berlangsung
dalam proses pendidikan.
Dalam media
pembelajaran, hendaknya diperhatikan mengenai kecocokan media dengan
karakteristik anak didik. Tidak dapat dipungkiri, mata pelajaran tertentu
memiliki jenis media pembelajaran tertentu pula. Misalnya, jenis grafis, audio,
proyeksi diam. Hal ini diharapkan siswa paham mengenai pelajaran tersebut.
Menurut wilkinson dalam
Angkowo, ada beberapa hal yang perlu di perhatikan dalam memilih media
pembelajaran, yakni :
1. Tujuan
Media yang dipilih hendaknya menunjang tujuan
pembelajaran yang dirumuskan. Tujuan yang dirumuskan ini adalah kriteria yang
paling cocok, sedangkan tujuan pembelajaran yang lain merupakan kelengkapan
dari kriteria utama.
2. Ketepatgunaan
Jika materi yang akan dipelajari adalah bagian-bagian
yang penting dari benda, maka gambar seperti bagan dan slide dapat digunakan.
Apabila yang dipelajarai adalah aspek-aspek yang menyakut gerak, maka media
film atau video akan lebih tepat. Wilkinson menyatakan bahwa penggunaan
bahan-bahan yang bervariasi menghasilkan dan meningkatkan pencapain akademik.
3. Keadaan siswa
Media akan efektif digunakan apabila tidak tergantung
dari beda interindividual antara siswa. Msialnya kalau siswa tergolong tipe
auditif/visual maka siswa yang tergolong auditif dapat belajar dengan media
visual dari siswa yang tergolong visual dapat juga belajar dengan menggunakan
media auditif.
4. Ketersediaan
Walaupun suatu media dinilai sangat tepat untuk mencapai
tuuan pembelajaran, media tersebut tidak dapat digunakan jika tidak tersedia.
Menurut wilkinson, media merupakan alat mengajar dan belajar, peralatan
tersebut harus tersedia ketika dibutuhkan untuk memenuhi keperluan siswa dan
guru.
5. Biaya
Biaya yang dikeluarkan untuk memperoleh dan menggunakan
media, hendaknya benar-benar seimbang dengan hasil-hasil yang akan dicapai.
Menurut
Angkowo dalam bukunya yang berjudul Optimalisasi Media Pembelajaran, mediaberteknologi
modern memiliki kelemahan dan kelebihan, yakni :
1. Audiotape
· Kelebihan-kelebihan Audiotape :
1. Baik untuk siswa yang sedang belajar mendengar.
2. Pengisi waktu saat menunggu
3. Mendengar sambil melakukan mobilitas (kegiatan lain)
4. Merupakan alternatif bagi yang tidak senang membaca atau yang mempunyai
kesulitan membaca
5. Pendengar dapat me-review-nya sambil menunggu atau melakukan atau melakukan
kegiatan lain.
· Kelemahan Audiotape :
1. Kaset buku ini kaku (kurang fleksibel), sebab harus tergantung dengan
komponen lain yaitu adanya tape dan alira listrik
2. Tidak memungkinkan melakukan penjelajahan terhadap isi buku terlebih dahulu
3. Bila ingin menvermati kembali isi buku, harus me-review-nya kembali sampai
menemukan yang dimaksdukan, baru kemudian memutarnya kembali
4. Hal-hal penting tidak bisa digarisbawahi atau diberi tanda khusus.
5. Tidak ada grafik, diagram, atau gambar sebagai bahan klarifikasi.
· Optimalisasi Audiotape :
1. Matikan tape dan ulangi hal-hal yang perlu dihafalkan
2. Buatlah catatan selama atau setelah selesai mendengarkan
3. Dengarkan hal-hal oenting atau hal-hal yang sulit beberapa kali.
4. Kalau ada buku manualnya, lihat dan cermatilah terlebih dahulu sebelum
mendengarkan kaset.
2. Video dan Videotape
· Kelebihan Videotape :
1. Baik untuk semua yang sedang belajar mendengar dan melihat
2. Bisa menampilkan gambar, grafik atau diagram
3. Bisa dipergunakan di rumah, di luar kelas maupun dalam perjalanan dalam
kendaraan
4. Bisa diperlambat dan diulang
6. Dapat dipergunakan tidak hanya untuk satu orang
7. Dapat dipergunakan untuk memberikan umpan balik
· Kelemahan Videotape :
1. Sering dianggap sebagai hiburan TV
2. Kegiatan melihat videotape adalah kegiatan pasif
3. Menggunakan video berarti memerlukan dua unit alat, yaitu videotape dan
monitor TV
4. Dibandingkan dengan kaset recorder, harganya relatif lebih mahal
5. Pemirsa tidak bisa melihat secara cepat bagian-bagian yang sudah tayangan
yang sudah terlewatkan
· Optimalisasi Videotape :
1. Kualitas videotape sangat variatif, pilihlah yang menghasilkan gambar dan
suara yang jelas
2. Jengan mempergunakan waktu dengan melihat video yang tidak sesuai dengan
yang diinginkan
3. Anggaplah melihat video seperti dalam proses pembelajaran di kelas dengan
membuat catatan, menjawab pertanyaan-pertanyaan.
4. Terlibat secara aktif
5. Lengkapilah dengan buku petunjuk dan buku-buku latihan
6. Cermatilah semua buku yang menyertai videotape
7. Janganlah menjadi penonton yang pasif
8. Beristirahatlah ketika anda mulai kehilangan konsentrasi
9. Jangan ragu-ragu bertanya kepada guru atau instruktur, apabila ada sesuatu
yang kurang jelas.
3. Computer Based Training (CBT)
· Kelebihan Computer Based Training (CBT) :
1. Tampilanya bisa menghasilkan kombinasi antara tulisan (teks), suara
(audio), gambar (video), serta animasi.
2. Dapat mengakses informasi secara instan dari manapun yang dicakup dari
compact dist tersebut.
4. Menghasilkan gambar yang lebih jelas.
5. Program dan sistem computer based training (CBT) yang lebih canggih lebih
memungkinkan pembelajaran mengakses lebih banyak, bukan hanya satu macam
pilihan seperti pada audiotape atau videotape;
6. Menyediakan fasilitas akses informasi yang lebih banyak.
7. Dapat disesuaikan dengan motivasi, kemampuan dan kecepatan pembelajaran.
8. Sebagai guru yang sabar
9. Mengurangi kekhawatiran pembelajaran jika kurang paham.
· Kelemahan Computer Based Training (CBT) :
1. Kelemahan mendasar dari penggunaan program ini adalah tidak adanya iteraksi
antarmanusia.
2. Memerlukan biaya mahal.
· Optimalisasi Computer Based Training (CBT) :
1. Kemahiran mengopersikan peralatan komputer merupakan syarat utama.
2. Bila ingin mengoperasikan, perhatikan terlebih dahulu mekanismenya.
4. Pelatihan Berbasis Web
· Kelebihan Web Based Training (WBT) :
1. Mengkombinasikan kelebihan video, kecepatan komputer, dan akses internet
2. Mekanisme kerja program ini mampu menyesuaikan dengan semua gaya belajar.
3. Memungkinkan bagi pembelajar untuk aktif berpartisipasi.
4. Memungkinkan akses ke materi/subyek yang diinginkan bagi banyak sekali
pembelajar di tempat yang berbeda.
5. Pembelajar dapat berhubungan dengan guru/instruktur, demikian sebaliknya
dimanapun mereka berada.
· Kelemahan Web Based Training (WBT) :
1. Tidak terjadi temu muka antara guru/instruktur dengan pembelajar.
2. Perlu biaya mahal untuk melengkapi peralatan.
· Optimalisasi Web Based Training (WBT)
1. Kemahiran pembelajar mengoperasikan komputer merupakan syarat utama.
2. Web Based Training (WBT) akan memberikan hasil
yang optimal apabila dikombinasikan dengan buku, video dan diskusi-diskusi di
kelas.
5. Internet
· Kelebihan Internet :
1. Memungkinkan akses informasi ke banyak nara sumber.
2. Hampir semua tema dapat diperoleh dari Net.
3. Bisa menjelajah dunia dari rumah, sekolah, kampus, kantor dan perusahaan.
4. Adanya fasilitas untuk berinteraksi dengan orang lain dari seluruh penjuru
dunia yang tertarik pada tema yang sama.
5. Merupakan komunikasi dua arah, tanya jawab, mengobrol, membuat
web sendiri, mengirim berita ke mana saja.
· Kelemahan Internet :
1. Biayanya mahal, karena untuk mengoperasikannya membutuhkan kelengkapan
seperti komputer, modern ISP (Internet Service Provider), dan
saluran telepon. Namun demikian kalau kita tidak memiliki perangkat tersebut
kita bisa datang ke perpustakaan-perpustakaan atau ke tempat penyewaan internet;
2. Diperlukan kemampuan mengoperasikan komputer, juga kemampuan memilih dari
sejumlah pilihan yang semuanya kelihatan menarik bagi kita;
3. Dibutuhkan ketelitian terhadap informasi yang ada, periksa kebenarannya,
sebab tidak semua informasi selalu benar atau baik untuk kita.
· Operasikan Internet :
1. Sebaiknya kita tetapkan dulu hal-hal yang ingin kita cari, sebelum kita
mengoperasikan internet, kecuali kalau memang mempunyai waktu untuk untuk
mengadakan penjelajahan.
2. Untuk penggemar/pengguna internet pemula, agar mendapatkan pengalaman awal,
lakukanlah penjelajahan terhadap sesuatu yang bersifat hiburan atau yang
menarik motivasi agar semakin mencintai internet.
3. Bertanyalah terlebih dahulu kepada instruktur sebelum mulai membaca, agar
tidak terjadi kekeliruan.
4. Belilah buku tentang hal tersebut.
Jurnal-jurnal Universitas Negeri Malang mengenai media pembelajaran. klik here
Semoga
membantu....
Posting Komentar
terima kasih....