1

MELATIH OTAK SETAJAM SILET

Posted by Febrilina Pramudiyanti on 20.00 in



Judul      : Melatih Otak Setajam Silet       
Penulis   : Astri Novia
Penerbit : Media Pressindo
Cetakan : Kedua, 2010
Tebal      : 129 Halaman



Otak manusia adalah salah satu organ tubuh yang paling rumit, mengatur dan membuat kita untuk berpikir, bergerak, melihat, mendengar dan membaui sesuatu. Otak juga berfungsi untuk mengendalikan tubuh, menerima informasi, menganalisisnya dan menyimpan informasi ke dalam ingatan kita.
Peneliti menyimpulkan meski otak hanya seberat meski otak hanya seberat 2% dari berat tubuh manusia tetapi mengonsumsi persediaan oksigen dan mendapat aliran darah sebanyak 20% dari tubuh. Jika dalam waktu 3 sampai 5 menit otak tidak mendapat suplai oksigen maka perlahan otak mulai mati.

Jika bayi diberi makanan dewasa yang banyak mengandung garam sebelum berumur 4 bulan, kelebihan natrium akan berakumulasi dalam tubuh, menyebabkan kerusakan pada ginjal, liver dan otak pada kasus tertentu menyebabkan kematian.
Banyak cara yang bisa dilakukan agar otak tetap sehat. Misalnya saja berbicara selama 10 menit dengan orang lain dapat memompa daya ingat otak dan menaikkan skor dalam sebuah tes. Bersosialisasi akan memperkuat otak daripada hanya melakukan tes tertulis.
Sering–seringlah tertawa, karena tertawa itu sehat. Dengan membaca atau melihat sesuatu yang bersifat humor, penuh dengan tarik dan kejutan, akan menstimulasi otak untuk lebih tajam lagi.
Berjalan kaki selama 20 menit sehari dapat mengurangi kadar gula dalam darah. Berlalan kaki akan melancarkan aliran darah  ke otak sehingga akan membuat kita bisa berpikir lebih jelas.
Bermain video game dapat menawarkan perangsang otak yang membuat kita belajar hal baru melalui permainan mengasah otak di computer. Hal ini memacu hubungan antara neuron dan respon yang muncul dalam otak terhadap waktu dan memori.
Saat kita melihat ke sekeliling lihatlah dengan benar. Tatap apa yang ada di depan dan sekarang tanpa menggerakkan mata lihatlah apakah kita bisa melihat apa yang ada di pinggirnya. Lakukan hal ini dengan teratur, maka kita akan memberi stimulasi pada pusat neuron dalam otak. Hal ini juga akan mengembangkan kemampuan daya ingat manusia.
Duduk dengan tenang. Plih salah satu kata yang membutmu tenang dan saat pikiranmu mulai membayangkan, ucapkan kata itu dengan perlahan. Sebuah bentuk meditasi yang dapat mengurangi stres. Meditasi juga dapat membantu kita untuk tetap konsentrasi dan mengalihkan perasaan depresi serta gelisah.
Nyalakan televisi untuk merancang stimulasi otak, tapi jangan terlalu lama karena jika tidak malah akan mengurangi daya transmisi antarneuron. Akan lebih baik jika kita menghabiskan waktu sore dengan mendengarkan musik. Musik dapat mengurangi hormon stres yang ada diingatan dan meningkatkan perasaan keberadaan kita sehingga kita bisa semakin fokus dalam melakukan semua kegiatan.
Tidurlah dengan nyenyak, saat inilah otak kita mengonsolidasi ingatan. Kurang tidur disebabkan oleh kondisi medis, khawatir, depresi atau insomnia dapat mengganggu tidur kita.
Tidur siang. Hampir semua daya konsentrasi dan memori meningkat ditahap pertama kita tidur, jadi meski hanya terlelap sejenak tetapi berguna bagi otak kita.
Berjalan-jalan di sekitar lingkungan rumah akan mengubah peta mental lingkungan kita. Dengan mempelajari rute baru dan lebih baik, maka kita juga membentuk jalan baru bagi neuron dalam otak.
Bergabung dengan klub buku, karena dengan sering membaca buku akan mengurangi resiko terkena dementia. Bertemu dengan banyak orang baru akan merangsang pertumbuhan sel neuron baru, lagipula kita mungkin menyukai buku yang menarik.
Kita bisa meningkatkan kekuatan otak dengan melakukan kegiatan sehari-hari, namun dengan menggunakan tangan yang kurang dominan. Dengan melatih otak dengan tangan yang kurang dominan, kita memberikan stimulasi pada sisi sebaliknya dari otak dan mengaktifkan aliran darah yang memperlambat proses penuaan juga meningkatkan kapasitas mental.
Ada pula latihan dengan menggerakkan jari untuk meningkatkan kemampuan otak. Misalnya seperti ini, letakkan jari di atas jari lain lalu lakukan bergantian. Atau pegang pensil atau bollpoint dan simpan di jari telunjuk dan jari tengah, gulingkan sampai seimbang antara jari tengah dan jari manis, lalu gulingkan lagi antara jari manis dan kelingking. Latihan seperti ini memiliki dampak positif pada kesehatan otak untuk usia berapapun.
Albert Einstein pernah mengatakan bahwa setiap anak terlahir jenius. Dan tahukah anda bahwa begitulah kenyataan yang sesungguhnya. Namun, berapakah dari kita yang tahu bahwa ternyata semua orang memiliki kapasitas otak yang sama sehingga berpotensi menjadi orang jenius??? Dengan latihan yang benar, kita bisa mengasah ketajaman otak agar memiiki kemampuan yang maksimal.
Buku ini menjelaskan perkembangan otak manusia maupun gangguan-gangguannya karena kebiasaan hidup sehari-hari, juga latihan jari-jari tangan untuk meningkatkan kecerdasan otak, serta berbagai tips praktis yang akan membantu mengasah otak kita menjadi setajam silet.
Semua yang dituturkan dalam buku ini hanya memberi pengetahuan lebih pada kita yang masih awam tentang kesehatan otak. Informasi yang diuraikan di sini tidak terlalu detail. Karena, semakin dalam pengetahuan yang ingin digali maka kita juga harus semakin serius menekuni bidang pengetahuan itu. Buku ini dibuat hanya sebagai gambaran dan bagaimana cara meningkatkan kemampuan otak.
Buku ini menghibur sekaligus mendidik. Ini dapat menjadi alternatif untuk mempelajari otak, walaupun tidak terlalu detail. Dengan membaca buku ini anda dapat memperoleh manfaat, anda bisa mempraktekkan tips-tips untuk meningkatkan kecerdasan otak.

|

1 Comments


makasih lo mbak, ini bermanfaat sekali buat tugas saya, akhirnya selesai

Posting Komentar

terima kasih....

Copyright © 2009 Febrilina All rights reserved. Theme by Laptop Geek. | Bloggerized by FalconHive.